header

header
aceh

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Jumat, 19 Februari 2021

    Sekilas Budaya Aceh

    Provinsi Aceh merupakan wilayah di Indonesia yang berada di ujung bagian barat Pulau Sumatera. Aceh dikenal jugan dengan Nanggoroe Aceh Darussalam (NAD) dan memiliki julukan Serambi Makkah. 

    Aceh sangat kaya dengan aneka ragam kebudayaan, suku dan bahasa daerahnya. Aceh memiliki kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa daerah yang berbeda-beda. Berikut kebudayaan di Aceh: 

    Bahasa daerah 

    Aceh memiliki bahasa daerah lebih kurang 12 buah. Masyarakat Aceh sehari-harinya menggunakan bahasa tersendiri di tiap-tiap daerah, kecuali dalam kegiatan formal menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa daerah Aceh seperti, Bahasa Aceh, Bahasa Gayo, Bahasa Alas, Bahasa Tamieng, atau Bahasa Aneuk Jame. 

    Rumah Adat Aceh Krong Pade 

    Aceh memiliki rumah adat bernama Krong Pade. Keseluruhan bangunan rumah adat dibangun menggunakan kayu. Bagian atap berasal dari anyaman daun enau atau daun rubia. Bentuk rumah adat seperti panggung. 

    Ada hal yang unik pada rumah adat Aceh tersebut. Di mana bagian kolong rumah dipakai untuk tempat penyimpanan makanan. Sementara dibagian atas atau panggungnya untuk tempat tinggal. Pakaian Adat Aceh Pakaian adat Aceh sangat unik dan memiliki kekhasan. 

    Pakaian adat 

    Aceh merupakan peninggalan dari Kerajaan Perlak dan Samudera Pasai. Pakaian adat pria dikenal dengan nama baju Linto Biro, sedangkan pakaian adat wanita dikenal nama Daro Buro. Biasanya penggunaan pakaian adat saat ada kegiatan-kegiatan istimewa, seperti upacara adat atau acara pemerintahan. 

    Upacara adat 

    Aceh memiliki berbagai upacara adat yang diselenggarakan dengan tujuan dan fungsinya. Seperti upacara perkawinan. Di mana dilakukan dengan berbagai tahapan mulai dari melamar, tunangan, pesta pelaminan, penjemputan mempelai wanita, hingga penjemputan mempelai pria. 

    Tarian ada Aceh 

    Tarian adat dari Aceh yang terkena adalah Tari Saman. Tari Saman memiliki unsur-unsur keindahant seni yang unik dan khas. Tarian ini sangat terkenal seperti saat pelaksanaan PON dan secara internasional. 

    Senjata tradisional Aceh 

    Aceh memiliki senjata tradisional dengan nama Rancong. Rancong merupakan senjata yang memiliki ukuran relatif kecil dengan berbentuk keris. Rancong sudah dipakai sejak zaman Kesultanan Aceh. 

    Lagu daerah Aceh 

    Aceh memiliki beberapa lagu daerah yang enak didengar, seperti Bungong Jeumpa, Tawar Sedenge, Aceh Lon Sayang atau Aneuk Yatim. 

    Jazari Abdul Hamid

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sekilas Budaya Aceh Rating: 5 Reviewed By: Jass

    Popular Posts

    Scroll to Top